Desain Grafis berasal dari 2 buah
kata yaitu Desain dan Grafis
Desain berarti proses atau perbuatan
dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang.
Grafis adalah titik atau garis yang
berhubungan dengan cetak mencetak.
Desain Grafis adalah kombinasi kompleks
antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan
pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka
dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari
seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer
dalam mendesain sebuah object.
Grafika adalah segala cara
pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang
diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak.
Contohnya adalah: foto,
gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain
geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk
kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.
Dalam bahasa Indonesia, kata “grafis” sering dikaitkan dengan seni
grafis (printmaking) dan desain grafis atau desain komunikasi visual.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan
gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Desainer Grafis
Perancang grafis atau sering disebut dengan desainer Grafis (bahasa
Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi,
tipografi, fotografi, atau grafis motion
Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media
cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk.
Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik,
yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan
dengan produk dan publik.
Seorang Desainer harus memiliki minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan
yaitu :
Wawasan Teknologi
Wawasan Sains
Wawasan Seni
Wawasan Sosial Dan Budaya
Wawasan Filsafat Dan Etika
Point satu sampai lima digunakan untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju sesuai dengan target tertentu.
Point satu sampai lima digunakan untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju sesuai dengan target tertentu.
Kemampuan olah nirmana
Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan manfaat yang sesuai.
Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan manfaat yang sesuai.
Software Desain Grafis
Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya. (artikel lengkap ada di kemampuan wajib desainer grafis)
Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya. (artikel lengkap ada di kemampuan wajib desainer grafis)
Software-software
desain grafis
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
4. Aplikasi Pengolah Film/Video
5. Aplikasi Pengolah Multimedia
6. Pengolah 3 dimensi
1.
Aplikasi Pengolah Tata
Letak (Layout)
Program ini sering digunakan
untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain
yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang
diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk
membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai
Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa
garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam
kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
3. Aplikasi
Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk
mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah
dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel
yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto
terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna
tertentu.
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
- Pixelmator
- Manga studio
- Gimp
- Pos Free Photo Editor
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
- Pixelmator
- Manga studio
- Gimp
- Pos Free Photo Editor
4. Aplikasi
Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk
mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti
karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya,
pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru,
ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk
dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition
- Camtasia
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition
- Camtasia
5. Aplikasi
Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk
membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan,
maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia
tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang
dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan
menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro
6. Pengolah 3 dimensi
- Xara 3D
- 3Ds Max
- Houdini
- Lightware
- Blender
- Pixar
- Maya
- Poser
- AutoCad
- 3Ds Max
- Houdini
- Lightware
- Blender
- Pixar
- Maya
- Poser
- AutoCad
Grafik secara umum berarti gambar dan dapat diartikan sebagai diagram (Bhs.
Inggris:chart). Diagram memiliki fungsi untuk memvisualisasikan data berupa
angka kedalam bentuk gambar sehingga mudah di pahami.
Gambar Vektor
Berukuran lebih kecil bila
dibandingkan dengan gambar bitmap
Beberapa format gambar vektor : .CDR, .AI, .SVG, .EPS, dan dll
Penggabungkan titik dan
garis untuk menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah biarpun
diperbesar atau diperkecil, tidak seperti gambar Bitmap
Tampilan gambar vektor, walaupun bersifat relatif lebih kaku
daripada tampilan bitmap, kualitasnya tidak bergantung kepada resolusi gambar
Gambar tipe tersebut bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan juga dapat dicetak pada
tingkat resolusi sebesar apapun tanpa kehilangan detil dan ketajaman gambar.
Karena monitor menampilkan gambar dengan cara menggunakan jaringan
titik, maka kedua macam tipe gambar (bitmap dan Vektor) akan diperlihatkan
sebagai pixel pada layar monitor. Begitu juga ketika kita hendak menampilkan
gambar Vektor ke suatu halaman web, dimana kita harus melakukan export gambar
Vektor tersebut ke format yang di dukung oleh browser (JPG, GIF, PNG, dll).
Sifat gambar vektor yang telah di export tersebut otomatis berubah menjadi tipe
bitmap/raster, meskipun dibuat dengan program/software penghasil gambar Vektor
Pada gambar bitmap sangat
baik digunakan untuk merepresentasikan gambar yang sangat kompleks dan detail.
Tetapi kekurangannya adalah ukuran filenya tergantung dari ukuran gambar dan
resolusinya
Bitmap yaitu representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan
titik yang tersimpan di memori komputer.
Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang
menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah
baris dan kolom, contohnya 300px/inch (satuan ini sering dipakai agar hasil
cetak tidak pecah, lebih besar lebih bagus)
Gambar bertipe bitmap sesungguhnya adalah mozaik dari ribuan atau
jutaan pixel
Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi warna dan
bayangan dari sebuah gambar, karena itu tipe bitmap merupakan media elektronik
yang paling tepat untuk gambar-gambar dengan perpaduan gradasi warna yang
rumit, seperti foto dan lukisan digital
Gambar bitmap sangat tergantung dengan resolusinya, karena setiap
gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti
Apabila dilakukan pembesaran ukuran gambar dengan resolusi kecil,
maka gambar akan kehilangan detil dan akan terlihat kotak-kotak pixel yang
berundak (jagged).
Pixel-pixel yang membentuk gambar tersebut memiliki warna warna
tertentu dan jumlah warna yang boleh dimiliki oleh suatu gambar dinamakan
intensitas.
256 warna,
high color,
16 juta warna (true color)
gradasi abu-abu (grayscale),
hitam-putih (black & white)
Semakin banyak jumlah warna dalam suatu gambar maka gambar yang
dihasilkan akan semakin bagus. Jumlah warna maksimum dari gambar dapat dilihat
dari jenis filenya. Misal file gambar yang berekstensi .jpg akan memiliki
maksimum 16 juta warna, atau file yang berekstensi .gif memiliki jumlah warna
maksimum 256
Jika file bitmap diperbesar maka ketajaman gambar akan berkurang.
Sedangkan pada vektor grafis ukuran gambar tidak mempegaruhi ukuran file
Jika gambar diperbesar maka ketajamannya tetap sama dengan
sebelumnya.
Ukuran file dari gambar vektor grafis dipengaruhi oleh kompleksitas
dari persamaaan vektor yang digunakan. Misal ada dua gambar yang besarnya sama.
Gambar yang pertama adalah gambar lingkaran sedangkan gambar yang kedua adalah
gambar tali yang melingkar tidak beraturan. Ukuran file gambar tali akan lebih
besar daripada gambar lingkaran. Kekurangan dari vektor grafis tidak mampu
menampilkan gambar secara detail dan kompleks.
Perbedaan gambar vektor dan bitmap
Vektor
|
Bitmap
|
Disusun oleh objek geometris yang
dibuat berdasarkan perhitungan matematis
|
Disusun oleh objek yang disebut
pixel
|
Sifatnya resolution independent
|
Sifatnya resolution dependent atau
dipengaruhi resolusi
|
Pengaruh perbesaran tidak pecah,
blur atau rusak
|
Pengaruh perbesaran pecah, blur
dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
|
Ukuran penyimpanan relatif kecil
|
Ukuran penyimpanan relatif besar
|
Vektor
|
Bitmap
|
Digunakan untuk ilustrasi dengan
bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak
variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.
|
Digunakan untuk gambar kompleks,
berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan
kamera.
|
Format penyimpanan bisa berupa
AI, CDR, FH, EPS
|
Format penyimpanan PSD, TIF,
JPEG, GIF, BMP
|
Program yang digunakan adalah
CorelDraw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand
|
Software yang digunakan adalah
Adobe Photoshop, Corel Photopaint, MS Paint
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar